.

Sabtu, 20 Agustus 2011

IHSG 22 Agustus 2011

Wah, akhirnya IHSG tergerus juga mengikuti bursa global yang begitu tajam penurunannya. Tidak usah panik, dan tetap tenang. Bagi anda yang sudah memilih saham yang tepat sepanjang rebound selama beberapa hari yang lalu, mungkin anda sudah merasakan keuntungan minimal berkisar 5% - 10%. Selamat untuk anda. Bagi anda yang belum memilih saham yang tepat, anda tidak harus kecewa. Tetap waspada dan ada baiknya anda segera melikuidasi posisi anda untuk mengambil posisi baru di kesempatan berikutnya. Mari kita lihat chart IHSG berikut :

Jika kita lihat baik-baik dari chart IHSG di atas, terlihat bahwa IHSG mulai membentuk lower high. Ini pertanda bahwa tren bearish masih akan tetap berlanjut. Pada koreksi sebelumnya, IHSG sempat menyentuh level 3594 dan rebound kembali. Level tersebut adalah support yang sangat baik karena sempat didukung oleh gap yang belum tertutup pada saat itu (sekarang sudah tertutup). Jika IHSG akan koreksi tajam, kemungkinan, target harga yang akan disentuh adalah sekitar level 3594 lagi.

Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana jika level 3594 itu tertembus? Ini bisa menjadi pertanda bahaya. Mari kita lihat baik-baik chart berikut ini :


Pada level 3266 ternyata ada titik gap yang belum sempat tertutup hingga kini. Masih ada kemungkinan level ini akan tertutup pada kemudian hari. Tapi tetaplah tenang. Kondisi kita sekarang ini berbeda dengan kondisi pada 2008 lalu. Saya rasa level ini tidak akan tersentuh dalam waktu dekat. Saya memberikan gambaran ini bukan untuk menakuti-nakuti anda, tapi untuk memberikan gambaran yang lebih luas tentang IHSG kita. 

Ingat, dalam kondisi seperti ini tetap pantau pasar baik-baik. Jangan samapi kita kehilangan momen untuk menunggangi rebound. Jangan masukkan semua portofolio anda, sediakan dana cadangan untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Good Luck...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons