.

Sabtu, 07 Mei 2011

Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah analisis yang menitikberatkan pada segala aspek yang dapat mempengaruhi kondisi badan usaha di masa depan. Umumnya orang-orang hanya tahu bahwa analisis fundamental sama dengan analisis laporan keuangan badan usaha. Hal ini tentu saja keliru karena analisis laporan keuangan hanyalah sebagian kecil dari analisis fundamental. Lantas apa saja yang dikategorikan analisis fundamental?

Umumnya seorang analis fundamental menggunakan metode Top Down Approach dalam menganalisa badan usaha. Hal ini dimulai dengan menganalisa sektor makro, industri, dan kemudian baru badan usahanya secara spesifik. Sebagai contoh, PT X adalah badan usaha yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Analisis sektor makro dapat dimulai dengan menganalisa kondisi perekonomian global, analisis sektor industri dapat dilakukan dengan menganalisa permintaan CPO (minyak kelapa sawit) dunia ataupun domestik, dan yang terakhir analisis badan usaha dapat dimulai dengan analisis kinerja melalui laporan keuangan atau sumber lainnya.


Melihat dari tahapannya yang cukup panjang dan rumit, tentu analisis ini tidak mudah untuk dilakukan. Umumnya analisis ini dilakukan berdasarkan kerja tim. Selain itu, orientasi investasinya adalah untuk jangka panjang (lebih dari 1 tahun) karena kinerja badan usaha tidak akan berubah secepat kilat. Seorang analis fundamental wajib untuk terus memantau semua yang berkaitan dengan badan usaha tersebut yang sekiranya dapat mempengaruhi kinerjanya di masa depan. Oleh karena itu seorang analis fundamental sebaiknya adalah orang yang ahli di suatu bidang industri tertentu karena baginya akan lebih untuk memahami badan usaha tersebut.

1 komentar:

kyuu mengatakan...

Untuk analisis fundamental, saya sendiri jgua masih belajar di forex ini. Sampe sekarang masih coba maksimalin analisa teknikal aja. Manfaatin layanan berita dari OctaFx juga buat pertimbangan. sekiranya ada berita yang dampaknya besar, biasnya saya nggak trading saat itu hihi

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons