.

Minggu, 08 Mei 2011

Jika Anda Seorang Trader Pemula (1)

Jika anda seorang trader pemula, apa saja yang perlu anda perhatikan dalam bertrading sebelum berperang dalam pasa finansial. Ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika anda trader pemula. Good Luck....


Jangan Melototin Monitor Terus-Terusan
Saya rasa ini tidak ada gunanya, malah bikin mata rusak. Harga toh juga tidak akan melambung tinggi kalau anda pelototin terus. Cukup lihat pada jam-jam penting saja seperti pembukaan sesi pertama, kedua, atau menjelang penutupan. Kecuali jika anda sudah menjadi seorang intraday trader yang ahli. Jika anda terlalu sering dan lama melotot di depan monitor bisa-bisa malah emosi anda akan ikut terbawa dan akhirnya malah membuat keputusan yang salah. Hal ini selalu saya alami waktu pertama kali saya trading. Sebaiknya buat rencana trading yang matang dulu, baru buka monitor anda. Seringkali saya tanya kepada beberapa trader, mengapa kok sering banget melotot di depan monitor ngeliat angka-angka yang terus bergerak-gerak itu? Jawabannya selalu sama : BUAT ANALISIS. Percaya saya, “analisis melotot monitor” itu tidak akan membuat anda sukses di pasar finansial manapun.


Ada Baiknya jika Anda Belajar Dulu Pengetahuan Dasar dari Pasar yang Anda Masuki
Kalau anda akan trading di pasar modal, ya belajarlah dulu tentang dasar-dasar pasar modal. Kalau anda masuk di pasar futures, lakukan hal yang sama. Penting sekali untuk mengetahui istilah-istilah penting dalam pasar finansial. Selain itu dengan pengetahuan dasar, anda dapat lebih memahami mengenai berita dan informasi yang ada.


Jangan Terlalu Khawatir dan Senang tentang Berita-Berita di Media Massa
Seringkali berita-berita yang disebar di media massa adalah berita yang sudah basi karena sudah banyak orang yang mengetahuinya lebih dahulu. Para analis fundamental adalah orang-orang yang umumnya pertama kali mengetahui informasi tersebut dan mengambil posisi sebanyak yang dia bisa. Jadi ketika anda mendengar berita-berita tersebut umumnya harga sudah merangkak tinggi terlebih dahulu.


Selalu Catat Transaksi Anda
Dengan mencatat semua transaksi, anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu. Penting sekali untuk meningkatkan skill trading anda. Selain itu juga dengan mencatat transaksi juga dapat mengetahui apakah selama ini anda sudah terlalu boros dan tidak efisien dalam membayar pajak trading anda. Ingat selalu perhitunggkan biaya transaksi dalam bertrading, sesuatu yang terlihat kecil akan jadi besar jika tidak diperhitungkan dan terjadi terus-menerus.

Pilihlah Broker yang Dapat Dipercaya
Jangan pilih sembarang broker. Survey dulu apakah perusahan broker anda adalah perusahaan yang kompeten dan profesional. Jangan sampai uang anda dibawa lari seperti yang terjadi pada beberapa kasus penipuan beberapa tahun yang lalu. Pastikan anda juga mendapat kartu AKSES jika anda bertrading di pasar modal. Kartu tersebut untuk mengecek kepemilikan saham yang anda sudah beli. Jika anda ragu-ragu, ada baiknya pilihlah broker yang merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

2 komentar:

kyuu mengatakan...

jadi ngingetin nih.. Dulu awal trading di forex, pertama kali manafaatin no deposit bonus dari OctaFx (sekarnag udah nggak ada lagi sih), emang melototin chart :D
Tapi saya sendiri sih sampe skearang juga masih belajar lagi buat maksimalin skill saya

Unknown mengatakan...

kalo kita mantengin chart terus terusan pastinya mental juga ikut naik turun, floating sedikit udah ketar ketir, padahal market bisa aja masih ada potensi harga mantul kembali, jadi lebih tenang dan sabar buat dapetin profitnya , sama akun trading demo diCentroFX saya jadi lebih kelatih buat lebih sabar lagi

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons