.

Senin, 30 Mei 2011

Triangle

Seperti namanya, triangle adalah model chart pattern yang berbentuk segitiga. Ada 3 jenis triangle yang sering ditemui pada saham-saham di Indonesia, yakni symetrical triangle, ascending triangle, dan descending triangle. Symetrical triangle bentuknya menyerupai segitiga sama sisi, ascending triangle berbentuk menyerupai segitiga dengan bagian atas yang datar, sedangkan descending triangle berbentuk segitiga dengan bagian bawah yang datar.

Symetrical Triangle



Ascending Triangle

Descending Triangle
Garis merah merupakan garis batas dari chart pattern tersebut. Jika tertembus, maka harga akan mulai untuk rally. Harga bisa tertembus ke bawah bisa juga ke atas. Di beberapa buku teknikal yang ada, seringkali disebutkan bahwa terdapat anggapan bahwa ascending triangle cenderung untuk bullish dan descending triangle cenderung untuk bearish. Saya tidak bisa mengatakan ini benar atau tidak, karena setahu saya di Indonesia tidak pernah dilakukan pengujian untuk memastikan kebenarannya. Oleh karena itu saya tidak pernah menganggap ini aturan ini merupakan suatu aturan yang baku. Seperti yang sudah pernah saya katakan bahwa saya hanya menggunakan chart pattern hanya untuk mengkonfirmasi sinyal dari indikator yang ada. Sebisa mungkin desainlah indikator dan strategi trading terbaik sehingga dapat mendeteksi pergerakan tren yang ada sebelum harga break dari pattern-nya. Jika harga sudah break, maka umumnya dia akan break dengan volatilitas yang tinggi juga sehingga batas resiko anda akan jadi lebih tinggi pula.

Jangan lupa, untuk menggambar sebuah tren dibutuhkan minimal 2 titik yang dapat dihubungkan. Oleh karena itu, untuk menggambar batas bawah dan atas dari triangle minimal juga dibutuhkan 2 titik yang dapat dihubungkan. Selain itu juga, terkadang harga setelah break akan kembali menguji pada garis batas chart pattern sebelumnya. Hal ini serupa dengan pola head and shoulders. Berikut adalah contoh-contoh pola triangle pada saham-saham di Indonesia :

Symetrical Triangle AKRA



Ascending Triangle BKSL


Descending Triangle BUMI

1 komentar:

Unknown mengatakan...

analisa seperti ini biasanya lebih mirip analisa wave dalam trading yang biasa dilakukan di octafx sehingga bisa melihat kekuatan harga yang terjadi denngan baik, dan biasanua dilakukan dalam time frame yang lebih besar untuk mendapatkan kondisi harga yang lebih pasti

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons