.

Rabu, 25 Mei 2011

Buku Rekomendasi Analisis Teknikal

Saya yakin anda tidak akan pernah bisa mempelajari analisis teknikal hanya dari blog ini. Memang dari awal tujuan dari blog ini adalah untuk membantu anda dalam mempelajari analisis teknikal. Jadi mari, saya perkenalkan dengan buku-buku terbaik dalam analisis teknikal yang sekiranya dapat membantu anda untuk belajar lebih dalam.

Buku untuk pemula :
  1. Technical Analysis Explained (4th edition) – Martin J. Pring
  2. Technical Analysis for The Financial Markets – John J. Murphy
  3. Technical Analysis of Stock Trends – Robert D. Edwards & John Magee
Ketiga buku diatas merupakan buku ajar untuk Certified Financial Techinician (CFTe). CFTe merupakan salah satu sertifikasi profesi bagi para analis teknikal dan diakui secara internasional di 20 negara. Ketiga buku tersebut sangat bagus untuk mengetahui apakah yang dimaksud analisis teknikal tersebut dan bagaimana analisis teknikal terbentuk. Anda akan belajar apa saja yang dimaksud dengan analisis teknikal dan konsep dari tiap indikator yang ada. Anda tidak mempelajari semua bab-nya, cukup yang merasa anda butuhkan saja untuk dipelajari. Buku no 1 dan 2 terdapat banyak kemiripan, jadi anda bisa pilih salah satu bila anda suka. Tapi ada baiknya dipelajari dua-duanya untuk melihat konsep dari 2 orang yang berbeda. Buku ketiga hanya berisi tentang pola grafik (chart pattern) sederhana dan bagaimana pola grafik tersebut dapat terbentuk. Buku ketiga ini tidak wajib anda pelajari, tapi bisa anda jadikan referensi tambahan jika anda suka.

Buku untuk Profesional :
  1. Technical Analysis : The Complete Resource for Financial Market Technician – Charles D. Kirkpatrick & Julie R. Dahlquist.
  2. Technical Analysis : Power Tools for Active Investors – Gerald Appel
  3. Bollinger on Bollinger Bands – John Bollinger
  4. Entries and Exits – Alexander Elder
Keempat buku di atas adalah buku bagi orang yang sudah paham betul tentang analisis teknikal. Buku pertama sangat berat untuk dibaca karena berisi data-data dan teori yang ada mengenai analisis teknikal. Buku ini memang diperuntukkan sebagai buku ajar di perguruan tinggi. Tapi isinya sangat bagus dan cocok sekali bagi anda yang ingin tahu lebih dalam tentang analisis teknikal. Fakta-fakta dan penelitian yang ada sangat membantu anda untuk memahami analisis teknikal dan psikologis para investor. Penting sekali untuk para trader yang ingin sukses dalam jangka panjang mengingat market dan psikologis investor terus berubah. Buku kedua sampai keempat diperuntukkan bagi anda yang ingin mengintip strategi trading dari para master-master analis teknikal dunia. Bagi anda yang ingin memningkatkan efektifitas strategi trading anda, buku ini sangat wajib untuk dibaca.

Memang semua buku di atas berbahasa inggris kecuali untuk Technical Analysis : Power Tools for Active Investors karena ada versi terjemahan bahasa Indonesianya (walaupun sangat jelek dan membingungkan terjemahannya). Saya merekomendasikan buku impor karena buku analisis teknikal dengan pengarang dari Indonesia selama ini cenderung untuk memaparkan pendekatan praktis dalam analisis teknikal sehingga seringkali seorang pembaca terperangkap dalam subyektifitas penulis dan sudut pandang yang keliru. Saya tahu betul bahwa pengarang dari buku-buku tersebut adalah orang-orang yang sangat profesional di bidangnya, namun sayangnya pembahasan yang mereka bagikan masih sangat sedikit. Jika anda tertarik dengan buku Indonesia, saya sarankan bacalah buku dari Edianto Ong yang berjudul Technical Analysis for Mega Profit. Saya rasa ini adalah buku yang terbaik untuk bahasa Indonesia. Tapi tetaplah baca buku-buku impor di atas karena satu buku ini saja tidaklah cukup.

Oya, hampir kelupaan. Buku-buku yang saya sebutkan di atas tentu harganya tidak murah. Kalau anda ingin beli yang asli, yah syukur kalau begitu. Bagi yang ingin hemat, cari aja buku tersebut di www.library.nu, tinggal copy judul buku atau nama pengarangnya di web itu. Jangan lupa untuk register dulu. Good Luck...

7 komentar:

CATATAN LAYAK PUBLISH mengatakan...

terima kasih pak infonya,
sangat membantu

Unknown mengatakan...

thx bgd infonya, tp bukunya ga bsa dibca scara free yaa??

Unknown mengatakan...

Kira-kira yang sudah ada versi terjemahan bahasa Indonesia yang mana Pak?

Anonim mengatakan...

buku yang sngat bermanfaat sekali namu masih dalam bahasa english ya, karena kebanyakan dalam trading di octafx juga memanfaatkan teknikal karena memang lebih mudah dilakukan dan terlebiha biasanya spread yang dihasilkan tetap rendah

Unknown mengatakan...

memanfaatkan analisa tehknikal itu penting untuk bisa kita kuasai, karena dengan mampu mengelola analisa tekhnikal maka akan lebih mampu dalam menganilasa market yang dinamisnya lebih baik untuk melakukan OP nya akan lebih akutat dan menguntungkan bersama centroFX

Trade.berry mengatakan...

analisa tekhnikal memang penting bagi setiap trader yang menjalankan trading, karena dengan analisa tekhnikal itu adalah salah satu nya kita untuk bisa menjalankan trading dengan baik dalam menganalisa market dengan akurat. Untuk itu saya selalu berusaha di trade.Berry dengan menjalankan trading berlatih seperti di akun demo yang menggunakan platform trading with a face

Tweezer mengatakan...

Oleh karena itu, penting bagi para pedagang untuk secara kritis melakukan analisis terhadap perubahan tren ekonomi sebelum trader membuka posisi trader. FXB Trading menawarkan update secara real time pada berbagai mata uang di seluruh dunia dan melengkapi para trader dengan alat analisis.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons