Rabu, 29 Juni 2011

Support dan Resistance (2 - habis)

Pada halaman sebelumnya kita sudah mengenal support dan apa saja yang menyebabkan terjadinya support. Nah, sekarang kita harus dapat mengenali support atau resistance yang signifikan untuk diperhitungkan dan bagaimana memprediksi support dan resistance berikutnya.

Untuk memperkirakan dimana letak support dan resistance berikutnya, anda dapat menggunakan beberapa cara sebagai berikut :

Nominal yang bulat
Pernahkan anda mendengar ada beberapa orang yang mengatakan hal seperti ini : "saya akan jual saham saya kalau harganya sudah Rp 3000" atau "saya akan beli saham XXXX kalau harganya sudah Rp 2000". Oleh karena itu waspadalah terhadap angka-angka bulat. Siapa tahu anda cukup beruntung menemukan support dan resistance terbaik.

Moving average
Terkadang support dan resistance tercipta tepat pada garis moving average dengan periode tertentu. Oleh karena itu anda dapat mencoba melakukan tes terhadap tren saham anda dengan moving average untuk menemukan periode yang terbaik.

Percentage Retracement
Retracement ini adalah salah satu jargon dalam dunia analisis teknikal. Retracement mungkin dapat juga disebut koreksi. Umumnya harga akan koreksi sebesar 30 sampai 50 persen dari panjang tren. Panjang tren dapat anda ukur dari titik terendah sampai titik tertinggi tren. Anda juga dapat menggunakan fibonacci retracement sebagai alat bantu jika anda suka.


Nah sekarang mari kita bahas beberapa tips tentang support dan resistance yang cukup signifikan untuk diperhatikan. Jika anda menemukan support atau resistance dengan salah satu ciri-ciri sebagai berikut anda perlu waspada :

Volume yang Tinggi
Semakin tinggi volume pada saat terjadinya support atau resistance semakin signifikan.

Disertai Gap
Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang gap, bahwa gap adalah titik support dan resistance yang baik.

Harga Rally dengan Kencang Setelah Terjadi Support dan Resistance
Jika harga rally semakin kencang semakin signifikan titik support dan resistance-nya. Hal ini dapat anda kenali dari chart patternnya. Jika membentuk huruf “V” atau “V” terbalik maka titik support dan resistance-nya semakin signifikan.

Disentuh Beberapa Kali
Semakin banyak disentuh, berarti semakin signifikan titik tersebut untuk dijadikan support atau resistance.

Disertai dengan Pola Japanese Candlestick
Jika anda menemukan pola japanese candlestick, semakin signifikan titik support dan resistance-nya. Tapi tetap hati-hati, karena tidak semua candlestick signifikan.

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk lebih memahami support dan resistance dengan lebih jelas. Good Luck...

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons