.

Senin, 19 September 2011

IHSG 19 September 2011

Wah... IHSG tampak begitu panas ya akhir-akhir ini. Naik turun tidak karuan. Bikin jantung serasa mau copot. Hehehehe... Selama seminggu terakhir ini, Dow diperdagangkan di zona hijau, namun memang beberapa market Asia, termasuk Indonesia sendiri, tampak bergerak mix. Kelihatannya market kita semakin rumit saja ya... Untuk arahan minggu depan, mari kita lihat chart di bawah ini :



Dalam chart tampak bahwa IHSG membentuk formasi penant yang cantik. Formasi ini bisa memiliki 2 arti, bisa saja bull atau bisa juga bear. Tidak ada cara untuk memprediksi kemana market akan bergerak setelah formasi ini selesai dibentuk kecuali closing IHSG menembus garis support atau resistance-nya. Tentu saja jika menembus garis support berarti bear, jika menembus resistance berarti bull.

Jika anda bertanya pada saya tentang bagaimana kondisi market, Saya cenderung ke arah pesimis. Saya sendiripun berharap agar market terus bull. Tapi melihat kondisi dunia yang seperti ini, membuat harapan jadi menciut. Memang, kondisi Indonesia sedang bagus-bagusnya, tetapi sebagus-bagusnya ekonomi kita pasti tetap saja akan terkena imbas dari market dunia.

Kuncinya satu, tidak perlu panik. Jangan meletakkan portofolio anda di saham terlalu banyak. Kondisi market yang tidak jelas bisa menggerus uang anda. Jika market terlihat menghijau, jangan keburu senang dulu. Ingat sebelum resistance tertembus, jangan sekali-sekali merasa senang berlebihan.

Letakkan porsi uang anda sebesar 40% saja di saham, dan sisanya cash. Masuklah di saham-saham yang terbukti kuat dan tahan banting, misalnya seperti saham-saham consumer goods. Jika anda cukup mahir, tidak ada salahnya untuk masuk ke saham second liner karena jenis saham-saham seperti cenderung untuk "mempunyai market sendiri", artinya mereka cenderung untuk tidak mengikuti pergerakan pasar. Tetaplah berhati-hati dan jangan sekalipun meninggalkan pasar. Jika anda malas untuk memperhatikan pasar, anda akan kehilangan momentum untuk buy. Good Luck...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons