.

Senin, 19 September 2011

Manufaktur 19 September 2011

Setelah memperhatikan beberapa indeks, saya tertarik untuk mengamati indeks manufaktur. Selain indeks Finance, indeks manufaktur ini memiliki bentuk yang cukup serupa dengan IHSG. Maklum saja memang, nilai kapitalisasi pasar mereka sangat besar, jadi mereka cederung untuk menjadi penggerak pasar. Tapi yang membuat saya tertarik bukan itu, mari kita lihat dulu chart berikut ini :



Jika kita lihat, bahwa akhir-akhir ini manufaktur sempat terkoreksi cukup dalam. Namun kelihatanya indeks satu ini akan mulai rebound. Nampak jelas sebuah bullish harami nongkrong di ujung chart. Pertanda rebound yang cukup baik.

Jika kita perhatikan juga turunan dari indeks ini, yakni beberapa saham manufaktur, ternyata ada beberapa yang menunjukkan pola yang sama. Diantaranya adalah SMGR dan RMBA. Sebenarnya ada beberapa, namun kedua saham ini yang paling layak untuk diperhatikan.



Chart di atas ada alah RMBA. Sejak diakusisi oleh BAT, kelihatannya RMBA mulai menunjukkan taringnya. Mulai banyak investor dan analis yang melirik saham ini, bahkan sudah ada yang merekomendasikan beli. Jika kita lihat terdapat juga pola bullish harami cross, pertanda akan segera rebound. Nice...



Selajutnya adalah SMGR. Setelah sempat terkoreksi cukup dalam, akhirnya nampak pula pertanda bahwa saham ini akan reboun melalui pola candlestick bullish harami yang persis dengan yang ada di indeks manufaktur.

Hanya satu kelemahannya, IHSG kita masih dirundung zona bahaya dari indeks-indeks global seperti Amerika dan Eropa. Tetaplah waspada dan tentukan batas resiko anda. Good Luck...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons