.

Senin, 05 September 2011

IHSG - 5 September 2011

Setelah sempat terlihat cerah selama beberapa hari, tiba-tiba saja sedikit selentingan negatif membuat merah seluruh market yang ada di dunia. Kabar menyedihkan tentang laporan tenaga kerja di Amerika lah yang menjadi penyebabnya. Beberapa analis dan pakar bahkan menyatakan komentar negatif tentang masa depan Amerika. Setelah sempat hijau rindang, sekarang kebakaran lagi rupanya. Apa anda bingung dengan kondisi market akhir-akhir ini? Tenang saja, saya juga kok. Hahahaha... Memang mebingunkan, bahkan mungkin lebih pantas disebut memusingkan... Market akhir-akhir ini terlihat sulit untuk dicermati dan sangat volatil.

Nah, lantas bagaimana dengan IHSG kita tercinta? Nampaknya, akan bernasib sama dengan kondisi market yang ada di seluruh dunia. Kelihatannya setelah liburan panjang barusan ini, market akan dibuka memerah juga. Rupanya ungkapan "I hate Monday" sangat cocok untuk hari ini.

Lalu apakah koreksi ini merupakan tanda bahaya? Saya rasa belum. Untuk lebih jelas, mari kita lihat chart-chart berikut :



Tampak bahwa beberapa indeks dunia memang menunjukkan koreksi. Namun, koreksi tersebut tidaklah sampai membentuk lower low. Baik Dow Jones, S&P 500, dan Hang Sheng kompak tidak memebentuk lower low. Beberapa indeks di dunia lainnya juga menunjukkan hal yang sama. Malah jika kita cermati dari 3 indeks di atas (dan banyak indeks yang lain di dunia), bahwa mereka sudah membentuk higher high dan higher low. Ini pertanda bahwa tren bullish sudah terjadi. Hanya saja tetaplah wapada, karena kita kondisi market dapat berubah sewaktu-waktu.

Yang terpenting sekarang ini, peganglah cash (minimal untuk hari ini) dan tetap awasi market. Oya, sekedar berbagi info, coba saja anda awasi saham APIC dan STAR. Kelihatannya saham-saham ini terus bergerak melawan arus. Good Luck...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons