.

Senin, 26 September 2011

IHSG 26 September 2011

Halo semuanya? Masih sehat kan? Saya yakin anda semua masih sehat-sehat saja walaupun diterjang oleh ganasnya market sejak seminggu terakhir ini. Hehehehe... IHSG yang sempat mencatatkan -8,88% dalam sehari, hampir membuat jantung semua orang shock seketika. Saya pun sempat kaget dengan kondisi market yang tidak wajar.

Jika kita melihatnya dari segi teknikal, sebenarnya penurunan ini merupakan hal yang wajar karena market kita memang menyesuaikan dengan kondisi pasar sebelumnya. Beberapa minggu sebelum terjadi penurunan gila-gilaan ini, market kita cenderung tampak lebih baik dari market Asia lainnya.

Jika kita lihat dengan seksama, market kita pada bulan agustus malah membentuk higher low, sedangkan market Asia lainnya membentuk lower low. Sehingga dirasa wajar jika sekarang market kita mengejar "ketertinggalannya".

Seperti yang sudah saya katakan pada posting sebelumnya, saya sudah mencurigai dari awal jika penant yang terbentuk dari Agustus ini merupakan pertanda bearish. Sangat disayangkan jika ternyata kecurigaann saya ini terbukti. Semoga saja market kita segera mambaik.



Bagimana dengan besok? Market kita pada perdagangan Jumat lalu merupakan satu-satunya market Asia yang mencatatkan return positif.  Ditambah lagi, Amerika juga ditutup hijau. Juga ada formasi hammer yang cantik dari IHSG yang menandakan market akan rebound. Meski kelihatannya bagus, saya rasa bukanlah keputusan yang tepat untuk saat ini jika anda ingin menambah posisi trading anda. Saya rasa lebih tepat jika memang market benar-benar rebound besok, kurangilah posisi anda. Sembari menunggu kabar baik dari Amerika dan Eropa serta sinyal bullish yang kuat, saya rasa pegang cash adalah keputusan yang paling bijak untuk saat ini.



Sekalipun anda adalah seorang investor jangka panjang, saya rasa ini bukanlah saat yang tepat untuk mengkoleksi saham. Tunggulah dulu sampai market menyentuh bottom-nya dan lakukan pembelian kembali.

Tetaplah berhati-hati. Ingat, dalam kondisi seperti ini jangan terburu-buru untuk senang jika market rebound. Tetaplah berhati-hati. Good Luck... 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons